Inovasi QR Code dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 9 Marusu

Authors

  • Nila Sari Latif SMPN 9 Marusu

Keywords:

MAtematika, QR Code, Pembelajaran

Abstract

Pemanfaatan QR Code untuk mendukung pembelajaran dapat dilakukan guru agar peserta didik dapat lebih mudah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran. Inovasi pengembangan ini untuk mengembangkan penggunaan QR Code dalam pembelajaran pada mata pelajaran matematikan di SMPN 9 Marusu Kabupaten Maros, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik sekaligus memberikan pengalaman baru dalam pembelajaran seperti dalam memperoleh bahan ajar, memperoleh informasi tentang hasil atau nilai yang diperoleh setelah pembelajaran dan informasi lainnya yang dapat mendukung pembelajaran mereka. Hasil pengembangan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan QR Code dapat merangsang peserta didik untuk aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan dapat menambah sumber belajar bagi peserta didik yang dapat diakses secara cepat melalui aplikasi QR Code, dan sekaligus peserta didik dapat memberikan respon secara cepat pula. Selain itu melalui pemanfaatan QR Code peserta didik dapat meningkatkan kecakapan dalam bersosialisasi, berkomunikasi, berkolaborasi dan berdiskusi melalui pembelajaran aktif yang terkondisi dari pemanfaatan QR Code.

Volume XI Nomor I / Mare 2021

Downloads

Published

2022-01-21

Issue

Section

Articles