PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Hariati aty

Keywords:

Kepala Madrasah, Kinerja, Supervisor

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini mengkaji tentang peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kinerja guru, peran kepala madrasah, dan strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah field research yang bersifat deskriptif-kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian multidisipliner yang meliputi: pendekatan fenomenologis, sosiologis, dan psikologis. Adapun pengumpulan data yang diperoleh dilapangan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah dianalisis terhadap data yang diperoleh, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru di Madrasah Aliyah sudah cukup baik. Dilihat dari kesiapan guru dalam menghadapi setiap proses belajar mengajar. Kepala madrasah telah memaksimalkan peran dan fungsinya dengan baik sebagai supervisor, administrator, dan motivator dalam mengarahkan para guru dalam meningkatkan potensinya sebagai tenaga pendidik. Strategi yang digunakan dalam meningkatkan kinerja, yaitu mengikutkan para guru secara bergantian untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas dan pengetahuan, baik berupa pelatihan, seminar, workshop. Selain itu, memberikan motivasi kepada guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun demikian, peneliti juga menemukan masih terdapat kekurangan-kekurangan, diantaranya 100% guru masih berstatus non-pns sehingga masih belum memaksimalkan waktunya di dalam lingkungan sekolah, demikian juga faktor sarana dan prasarana yang masih belum memadai sehingga kenyamanan dalam bekerja tidak maksimal.

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Kinerja, Supervisor

ABSTRACT

This article examines the role of the head of the madrasa in improving teacher performance. The purpose of the research conducted was to determine the performance of teachers, the role of madrasah heads, and strategies carried out by madrasah heads in improving teacher performance. This type of research is a descriptive-qualitative field research. The approach used is multidisciplinary research which includes: phenomenological, sociological, and psychological approaches. The data collection obtained in the field uses interview, documentation, and observation techniques. The collected data is then processed using data reduction analysis, data presentation and drawing conclusions. After analyzing the data obtained, the results of this study showed that the performance of teachers in Madrasah Aliyah was quite good. Judging from the readiness of teachers in facing every teaching and learning process. The head of the madrasa has maximized his role and function well as a supervisor, administrator, and motivator in directing teachers in increasing their potential as educators. The strategy used in improving performance is to include teachers in turn to participate in capacity and knowledge development activities, both in the form of training, seminars, workshops. In addition, it provides motivation for teachers to continue their education to a higher level. However, researchers also found that there are still shortcomings, including 100% of teachers are still non-civil servants so that they still do not maximize their time in the school environment, as well as factors of inadequate facilities and infrastructure so that comfort in working is not optimal.

Keywords: Head of Madrasah, Performance, Supervisor

Downloads

Published

2022-11-08

Issue

Section

Articles