KESIAPAN SEKOLAH MENGHADAPI AKREDITASI MELALUI SUPERVISI MODEL COUNTENANCE

Authors

  • Muhammad Dahlan Diknas

Keywords:

Supervisi, Monev Countenace, Akreditasi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah menghadapi akreditasi melalui supervisi model countenance. Data penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan hasil isian intrumen raport mutu, serta data sekunder diperoleh dari data dokumentasi. Tingkat kesahihan dan keandalan data melalui pengabsahan data dengan memeriksa tingkat kredibilitas, transferabilitas, kebergantungan dan konfirmabilitas. Data di analisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif untuk menetukan level kinerja pemenuhan raport mutu sekolah dan teknik analisis data kualitatif  melalui proses data collection, data display dan conclusion/ verification untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pengawasan model monev countenance. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pengawasan Model Monev Countenance dapat meningkatkan kesiapan sekolah dalam menghadapi akreditasi. Kesiapan sekolah menghadapi akreditasi dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan supervisi Model Countenance dengan menganalisis kelemahan sekolah pada Antecedent phase, memenuhi kelemahan sekolah pada Transaction phase, dan melakukan penilaian akhir untuk mengetahui kriteria yagn dicapai setelah pelaksanaa pembinaan pengawas pada Outcomes phase.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles