PEMBINAAN BERKELANJUTAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT BAHAN AJAR DIGITAL

Authors

  • Muh Akib Kementerian Agama Kabupaten Maros

Keywords:

Pembinaan berkelanjutan, bahan ajar digital, pengawas

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kepengawasan yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru membuat bahan ajar digital melalui pembinaan berkelanjutan oleh pengawas madrasah bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilaksanan sebanyak 2 siklus untuk mengumpulkan data hasil observasi aktivitas guru dalam mengikuti program pembinaan berkelanjutan. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif menggunakan distribusi frekuensi dan persentasi untuk menetukan kategori kemampuan guru dalam membuat bahan ajar digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktivan guru dalam mengikuti kegiatan pembinaan berkelanjutan meningkat dari kategori cukup aktif sebesar 44,44% menjadi kategori aktif sebesar 68,52%, sementara hasil produk bahan ajar digital yang dibuat guru setelah mengikuti kegiatan pembinaan berkelanjutan melalui pendampingan meningkat dari 33,33% menjadi 59,26% yang telah memiliki produk bahan ajar digital dalam bentuk e-book, video pembelajaran dan slide interaktif. Melalui pembinaan berkelanjutan yang dilaksankana pengawas, guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam membuat bahan ajar digital dalam bentuk bentuk e-book, video pembelajaran dan slide interaktif.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles